Wednesday, December 30, 2009

Indonesia Adalah Atlantis Yang Hilang...???

Legenda negeri dongeng Atlantis adalah negri yang dikabarkan hilang ditelan gelombang Tsunami beberapa ribu tahun sebelum Masehi, ditulis oleh pengarang dari Yunani tempo dulu Plato.
Pagi hari Senin 28 Desember sekitar jam 5.30 saya mendengar ceramah dari radio Lite FM yang dibawakan oleh ustadz Achmad, beliau antara lain menyinggung tentang hasil penelitian seorang ahli arkeologi Brazil yang menemukan bahwa nenek moyang Bangsa Indonesia adalah bangsa yang pertama kali mengenal system penanggalan atau kalender yang akurat dengan cara menggabungkan perhitungan berdasar pada peredaran Matahari, Bulan dan Kartika dan daratan kepulauan Indonesia adalah merupakan kepingan Atlantis yang hilang, mendengar ceramah bapak Ustads tersebut saya berusaha mencari informasi tambahan setelah tiba dikantor saya coba mencari di internet dan mengunduh suatu acara tanya jawab yang mewawancarai seorang peneliti yaitu professor A.dos Santos
Professor A.Santos berpendapat bahwa asal usul peradaban moderen di dunia adalah bersumber dari daerah yang terletak dilautan Hindia yang disebut Indonesia yang dulunya dikenal sebagai suatu bagian dari sejarah yang hilang dan disebut sebagai Atlantis. Menurut beliau walaupun sudah banyak peneliti mencoba mencari dimana letak atlantis itu namun semua menemui kegagalan karena mereka mengeksplorasi lokasi yang salah karena hanya focus di lautan Atlantik.
Ada beberapa argument yang diajukan oleh professor tersebut antara lain adalah, suasana alam Indonesia yang sangat subur memungkinkan orang yang tinggal disekitarnya punya banyak waktu untuk menciptakan sesuatu peradaban yang moderen, mereka tidak perlu buang waktu untuk berburu atau untuk mencari bahan makanan karena semua sudah tersedia. Saya pikir komentar professor ini masuk akal juga.
Hal lain yang diungkapkan oleh professor adalah buku-buku kuno menceriterakan tentang adanya pendatang kebenua Amerika, Mesir, Asia dan lain-lain dimana pendatang tersebut menggunakan perahu dan memperkenalkan teknologi dan peradaban baru kepada bangsa-bangsa Mesir, Amerika dll. Bahkan professor itu memperkirakan pembuatan pyramid merupakan cabang dari kebudayaan Atlantis atau Indonesia.
Disebutkan pula bahwa runtuhnya peradaban di Atlantis adalah sebagai akibat dari bencana alam Tsunami dan letusan gunung yang hebat dan menghancurkan sebagian besar peradaban yang ada termasuk manusia, binatang dan bangunan. Bahkan menenggelamkan pulau-pulau yang ada. Sebagai akibat dari bencana itu orang-orang atlantis yang tersisa, kembali menjalani hidup sederhana seperti dijaman batu dan berusaha menciptakan lagi peradaban berikut yang tentu saja butuh waktu yang lama.
Sebagai orang Indonesia saya merasa bangga dengan temuan dan teori professor Santos tersebut tapi setelah dipikir-pikir selanjutnya apa ? untuk yang meneliti sudah tentu menjual buku yang dikarangnya berdasar atas data yang dikumpulkan di Indonesia tapi buat kita di Indonesia apa yang perlu dilakukan ?
Ternyata banyak peneliti lain yang mengklaim sudah menemukan daerah-daerah yang dianggap sebagai Atlantis dibeberapa bagian bumi lainnya, mulai dari Timur tengah- Eropah sampai ke Antartika.
Pencipta dongeng Atlantis benar-benar hebat karena melahirkan ceritera yang menjadi obyek dari banyak penelitian dan menginspirasi sampai ke generasi berikutnya.

(Sumber : http://new-media.kompasiana.com/2009/12/30/indonesia-adalah-atlantis-yang-hilang/)

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More