Tuesday, November 23, 2010

Cara Mengganti Nama di Facebook Dengan Tulisan Arab

Tutorial ini akan menjelaskan bagaimana cara mudah mengganti nama facebook dengan tulisan Arab atau huruf Arab. Sebenarnya konsep yang digunakan sama saja dengan mengganti nama facebook pada umumnya, kita hanya perlu menuliskan Nama Depan dan Nama Belakang, lalu klik tombol Ganti Nama. Perbedaannya cuma pada bentuk tulisannya aja, untuk bahasa Indonesia, Inggris, tinggal ketik dikeyboard sudah beres. Untuk bahasa Arab kita perlu media bantu, klu windows yang Anda pakai sudah Windows Arabic dan keyboard arabic jelas tidak akan ada masalah.
Nah, untuk ini kita perlu media bantu untuk menghasilkan tulisan Arab dengan windows xp non arabic dan keyboard standard America (yang sering kita gunakan). Untuk itu kita bisa menggunakan situs mesin pencari bahasa Arab, Yamli.
Penggunaan mesin pencari Yamli sangat mudah, tinggal masukkan kata seperti biasa dalam bahasa Inggris/Indonesia (dengan keyboard standard), maka Yamli akan secara tidak kasat mata beroperasi menerjemahkan huruf  Latin Inggris/Indonesia ke dalam konversi huruf Arab, kemudian dari situ, mereka menggunakan mesin pencari Google Arabic Version untuk mencari kata yang telah ditransliterasikan dan hasilnya akan dikembalikan ke dalam bahasa Arab.
Setelah tulisan Arab kita dapatkan, selanjutnya tinggal mengganti nama facebook dengan tulisan Arab tersebut, Anda harus login terlebih dulu ke akun facebook, dari menu klik Akun, Pengaturan Akun, pada Nama, klik Ganti, lalu paste Nama Dengan dan Nama Belakang dalam huruf Arab tadi pada masing-masing kotak inputnya, dan jangan lupa klik tombol Ganti Nama untuk menyimpan settingan. Coba refresh browser Anda atau klik pada Branda Facebook, dan nama facebook Anda akan berubah menjadi huruf Arab.
Untuk memudahkan teman mencari dan mengenali profil facebook Anda sebaiknya Nama Lain Lengkap (optional) tulislah nama lengkap Anda.
Semoga bermanfaat.

1 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More