Tuesday, December 29, 2009

Twitter Blokir 370 Password

SAN FRANSISCO - Twitter belajar dari pengalaman buruknya tentang jaringan keamanan. Tidak mau hal serupa terulang, situs mikroblogging itu memutuskan untuk mulai hati-hati dalam menerima password akun.

Dilansir Business Insider, Selasa (29/12/2009), salah satu langkah ekstrim yang dilakukan Twitter adalah memblokir ratusan kode password yang dianggap tidak aman.

Tercatat, terdapat sekira 370 kode password tidak aman yang berhasil terdeteksi oleh Twitter. Dalam waktu singkat, situs jejaring sosial 140 karakter itu pun akhirnya memblokir password-password tersebut.

Dalam daftar tersebut di antaranya adalah kode yang mampu ditebak seperti 111111, 112233, 123456, lalu ada juga beberapa kata yang dianggap mudah direka seperti kata 'twitter', 'batman', 'butthead', maverick, yamaha, yankees, zzzzz dan ratusan lainnya.

"Kata-kata ini kami anggap cukup mudah untuk ditebak, baik oleh orang awam apalagi hacker. Jika gampang ditebak maka sangat mudah bagi orang lain untuk membuka akkun twitter anda mengacak-acaknya," ujar pihak Twitter yang mengaku membutuhkan dana cukup lumayan untuk memperbaiki suatu akun yang sudah 'dibobol' hacker.

Twitter mengungkapkan, ada beberapa ciri penggunaan password yang aman. Di antaranya adalah jumlah karakter yang panjang, gabungan dari huruf dan angka, perpaduan antara huruf kapital dan huruf kecil, dan memasukkan karakter unik seperti ! atau &.

Selain itu Twitter juga menyarankan agar pengguna internet menggunakan teknik penulisan password yang berbeda untuk setiap akun di situs yang berbeda.


(Sumber : http://techno.okezone.com/read/2009/12/29/55/289057/twitter-blokir-370-password)

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More